Bahasa Arab Selamat Pagi, 'Shobahul Khoir' Arti dan Jawabannya

Dalam postingan kali ini, kita akan belajar tentang ucapan selamat pagi dalam bahasa arab dan cara menjawabnya.

Ucapan selamat pagi maksudnya adalah ucapan yang digunakan untuk menyapa seseorang di waktu pagi hari. Ucapan selamat pagi bersifat universal, artinya hampir seluruh masyarakat dunia mengucapkan selamat pagi walau pun dengan bahasa dan cara yang berbeda.

Di kalangan umat islam, dikenal ucapan "assalamualaikum" untuk menyapa sesama muslim. Ucapan ini bisa digunakan kapan saja tanpa terikat waktu, semisal pagi, siang, sore atau pun malam.

Namun tidak ada salahnya jika setelah mengucap salam "assalamualikum" kita pun mengucap selamat pagi sebagai perpaduan antara tuntunan agama dan tradisi serta budaya lokal yang ada di masyarakat.

Bahasa Arab Selamat Pagi, 'Shobahul Khoir' Arti dan Jawabannya

Bahasa Arab Selamat Pagi, Shobahul Khoir

Ucapan selamat pagi di kalangan masyarakat arab sebenarnya beragam. Namun salah satu ucapan selamat pagi yang familiar adalah dengan mengucapan shobahul khoir (صَبَاحُ الْخَيْر), artinya "selamat pagi".

صَبَاحُ الْخَيْر

Shobahul khoir
Artinya, "Selamat pagi."

Shobahul khoir diartikan sebagai ucapan selamat pagi. Meskipun jika dilihat dari kosa katanya, shobahul khoir terdiri dari 2 kata yaitu shobah (صَبَاح) yang artinya pagi dan al-khoir (الْخَيْر) yang artinya kebaikan. Ini hampir mirip dengan ucapan selamat pagi dalam bahasa inggris "good morning" yang juga artinya pagi dan kebaikan. Namun jika di ungkapkan dalam bahasa Indonesia maksudnya adalah "selamat pagi".

Cara Menjawab/Jawaban "Selamat Pagi Kembali"

Ketika ada orang yang mengucapkan selamat pagi shobahul khoir (صَبَاح الْخَيْر) kepada kita, maka kita balas dengan mengucapkan shobahun nuur (صَبَاح النُّوْر) yang artinya selamat pagi.

صَبَاحُ النُّوْر

Shobaahun nuur
Artinya, "Selamat pagi juga."

Sebenarnya shobahul khoir (صَبَاح الْخَيْر) dan shobahun nuur (صَبَاحُ النُّوْر) artinya sama yaitu selamat pagi. Bedanya, shobahun nuur lebih familiar digunakan sebagai jawaban. Sedangkan shobahul khoir digunakan sebagai ucapan.

Contoh Percakapan Ucapan Selamat Pagi

Penggunaan ucapan shobahul khoir dan shobahun nur dalam percakapan antara Ahmad dan Akbar,

أحمد: اَلسَّلَامُ عَلَيْكُم، صَبَاحُ الْخَيْرِ
Ahmad: Assalamualaikum, selamat pagi.

أكبر: وَعَلَيْكُم السَّلَامُ، صَبَاحُ النُّوْر
Akbar: Wa alaikumsalam, selamat pagi juga.

أحمد: مَاذَا تَعْمَلُ، أكبر؟
Ahmad: Apa yang sedang kamu kerjakan, Akbar?

أكبر: انَا اَكْنِسُ البِلَاطَ
Akbar: Saya sedang menyapu lantai.

Bahasa Arab Lainnya tentang Ucapan Selamat Pagi

Selain ucapan shobahul khoir, ucapan selamat pagi lainnya dalam bahasa arab yang bisa digunakan adalah sebagai berikut,

صَبَاحُو
Shobahuu
Artinya, "Pagiiii..."

صَبَاحُ البَرَكَةِ
Shobaahul barokah
Artinya, "Selamat pagi/ semoga pagi harinya berkah."

صَبَاحُ الوَرْدِ
Shobaahul ward
Artinya, "Selamat pagi/ semoga pagi harinya indah seperti bunga mawar."

صَبَاحُ اليَاسْمِيْن
Shobahul Yasmiin
Artinya, "Selamat pagi/ semoga pagi harinya harum seperti bunga bunga melati."

صَبَاحُ اليُمْنِ
Shobahul yumni
Artinya, "Selamat pagi/ semoga pagi harinya penuh kebaikan."

صَبَاحُ السَعَادَةِ
Shobahus Sa'aadah
Artinya, "Selamat pagi/ semoga pagi harinya penuh kebahagiaan."

يَسْعَدُ صَبَاحُكُمْ
Yas'adu shobaahukun
Artinya, "Selamat pagi/ semoga pagi hari penuh kebahagiaan."

Hikmah dan Manfaat Mengucapkan Selamat Pagi

Sepintas, ucapan selamat pagi merupakan ucapan biasa. Namun, jika kita perdalam ternyata mengucapkan selamat pagi memiliki banyak hikmah dan manfaat. Setidaknya, santripedia merangkum beberapa hikmah mengucapkan selamat pagi,

  • Menciptakan suasana harmonis
Mengucapkan selamat pagi dalam keluarga atau pasangan kekasih dapat menciptakan suasana harmonis. Dimana ucapan-ucapan sederhana seperti ini menunjukan sikap perhatian dan peduli terhadap orang-orang yang kita berikan ucapan.

  • Menciptakan suasana demokratis
Jika kita merupakan seorang pimpinan atau atasan, maka menyapa adalah salah satu hal penting. Hal ini agar setiap orang yang disapa merasa dihargai dan diakui. Sehingga tidak setinggi apa pun jabatannya, namun ada kesamarataan dalam hal bersosial dan bermasyarakat.

  • Menghubungkan silaturahmi
Menyapa adalah salah satu pelantara terciptanya jalinan silaturahmi. Jika kita tidak kenal terhadap seseorang, maka dengan menyapa kita telah membuka gerbang untuk terciptanya silaturahmi. Biasanya, setelah bertegur sapa, kita bisa membuka obrolan-obrolan lain untuk saling mengenal dan mengetahui.

  • Membangkitkan motivasi
Mengucapkan selamat pagi juga dapat membangkitkan motivasi baik itu untuk orang yang disapa maupun untuk orang yang menyapa. Sebab pagi adalah awal dari hiruk pikuk kehidupan manusia sepanjang hari. Sehingga dengan awal yang baik, aktivitas kit

  • Mencairkan Suasana
Menyapa dapat mencairkan suasana. Bila ada ketegangan antar orang, biasanya dengan saling menyapa dan memberikan senyuman dapat lebih mencairkan suasana. Termasuk apabila ada orang yang sebelumnya saling bermusuhan, bila kemudian diakhiri dengan sapaan yang ikhlas, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya perdamaian antar keduanya. Sebab biasanya permusuhan mengedepankan ego masing-masing, namun bila ada salah satu yang mengalah dan meminta maaf untuk saling merangkul, maka permusuhan akan berakhir.

Demikian ulasan tentang Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab, 'Shobahul Khoir' Arti dan Jawabannya. Semoga bermanfaat dan menambah keberkahan untuk kita dalam berilmu dan beramal. Allahu a'lam.
Komentar

Komentar

Cancel

Jangan lupa tambahkan komentar untuk menjalin silaturahmi dan saling menambah wawasan pada kolom di bawah ini: