Jumlah Mufidah

Assalamu'alaikum. Bertemu kembali di BahasaArab.id. Ini adalah postingan kedua di blog ini setelah sebelumnya saya mengunggah artikel tentang keutamaan bahasa Arab.

Pada artikel ini kita akan membahasa apa itu Jumlah Mufidah. Jumlah (الجملة) artinya adalah kalimat dalam Bahasa Indonesia. Mufidah (مفيدة) artinya mengandung manfaat. Jadi arti Jumlah Mufidah adalah kalimat yang mengandung manfaat atau makna. Terjemahan bebas jumlah mufidah ini mirip dengan kalimat sempurna dalam Bahasa Indonesia.

Perhatikan contoh di bawah ini:

المَكْتَبُ جَمِيْلٌ

Artinya: Meja itu bagus

Kalimat di atas terdiri dari dua kata (كَلِمَة) yaitu al Maktabu (meja) dan Jamiilun (bagus), sehingga jika digabungkan maka artinya adalah: Meja itu bagus.

Misalkan satu kata dihilangkan dalam contoh di atas, misalkan kita hilangkan kata Jamiilun dan tersisa kata al Maktabu saja, maka kita tidak memperoleh maksud sebenarnya dari kata ini. Mejanya kenapa atau ada di mana atau bagaimana? kita tidak tahu. Begitu juga sebaliknya, jika yang ada hanya kata Jamiilun, maka kita juga tidak memperoleh pemahaman maksud dari kata tersebut.

Jika dua kata tersebut digabungkan barulah kita mengetahui atau memperoleh makna yang sempurna bahwa meja itu bagus. Jadi dua kata tersebut saling menerangkan satu sama lain.

Lalu apakah kesimpulannya adalah jumlah mufidah itu pasti terdiri dari dua kata yang menjadi satu? Eits.. nanti dulu! Kita lihat contoh lain:

اَكَلَ مُحَمَّدٌ السَّمَكَ

Artinya: Muhammad Makan Ikan

Sama halnya dengan contoh sebelumnya. Masing-masing kata tidak bisa memberi tahu maksudnya secara sempurna kepada pembacanya jika berdiri sendiri. Tapi jika dalam contoh di atas hanya ada kata  اكَلَ مُحَمَّدٌ itu pun belum memberi kita arti yang bisa dipahami. Jika kita mendengar kata "Muhammad Makan" masih timbul pertanyaan apa yang dimakan oleh Muhammad? Pertanyaan itu terjawab jika ditambahkan kata السمَكَ yang berarti Ikan. 

Jadi jika hanya "Akala Muhammadun" saja itu belum termasuk jumlah mufidah karena belum memberitahu makna yang bisa kita pahami..

Definisi Jumlah Mufidah

 Jadi apa definisi Jumlah Mufidah? Saya sadurkan dari kitab An Nahwu Al Wadhih karya Ali Al Jarim dan Musthofa Amin:

 التَّرْكِيْبُ الّذِي يُفِيْدُ فَائِدَةً تَامَّةً يُسَمَّى جُمْلَةً مُفِيْدَةً، وَ يُسَمَّى أَيْضًا كَلاَمًا

"Susunan kata yang memberi makna yang sempurna disebut Jumlah Mufidah, disebut juga Kalam"

Apakah Jumlah Mufidah Pasti Dua Kata?

Jumlah Mufidah terkadang terdiri dari dua kata, terkadang juga lebih. Dan setiap kata dalam kalimat itu memiliki hubungan/keterkaitan dari kata yang lain.

Demikian penjelasan singkat dari Jumlah Mufidah. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum.

No comments:

Post a Comment