Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Assalamu'alaikum Selamat datang di blog sederhana ini. Ini merupakan artikel pertama yang saya tulis di blog ini. Blog bahasaarab.id ini saya buat untuk mencatat atau sebagai pengingat saya pribadi dalam belajar bahasa Arab. Semoga apa yang saya tulis di blog ini nantinya bermanfaat untuk orang lain.

Bahasa Arab termasuk rumpun bahasa Semit. Menurut yang saya baca bahasa Arab ini dijadikan bahasa pertama oleh sekitar 250 juta orang. Mayoritas mereka tinggal di Afrika dan di Timur Tengah. Sekitar 25 negara di dunia menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi mereka.

Pada postingan perdana ini saya akan membahasa keutamaan belajar bahasa Arab untuk kita. Sehingga diharapkan setelah kita tahu apa saja keutamaannya menjadikan kita semakin semangat dalam belajar bahasa Arab.

Keutamaan Belajar Bahasa Arab

1. Bahasa Arab adalah Bahasa Al-Qur'an

Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah dalam bahasa Arab. Sehingga kita akan lebih berpotensi bisa mempelajari kandungan Al Qur'an jika kita paham bahasa Arab. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Al Qur'an adalah petunjuk jalan bagi orang Islam.

2. Bahasa Arab adalah Separuh Agama Islam

Ini adalah perkataan dari sahabat Nabi yaitu Umar bin Khattab. Mungkin hal ini karena sumber utama agama Islam adalah Al Qur'an dan Hadist yang semuanya aslinya berbahasa Arab. Terlebih lagi jika kita mempelajari kitab-kitab para ulama terdahulu juga semuanya berbahasa Arab. Dengan penguasaan bahasa Arab yang baik kita akan lebih mudah mempelajari literatur-literatur agama Islam

3. Bahasa Arab adalah Bahasa Resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa

Sebagaimana yang saya sampaikan di awal bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang banyak diucapkan oleh penduduk dunia. Bahkan menjadi salah satu bahasa resmi di United Nation atau Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ada enam bahasa resmi PBB, yaitu Inggris, Perancis, Spanyol, Rusia, China dan Arab.

Demikian beberapa keutamaan kita mempelajari bahasa Arab. Semoga menjadi penyemangat kita dalam belajar. Tunggu postingan-postingan kami selanjutnya ya. 

No comments:

Post a Comment